ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PT
TELKOMUNIKASI INDONESIA (PERSERO) TBK
SKRIPSI
Diajukan
Sebagai Salah Satu Syarat Tugas Mata Kuliah Marketing Strategic
Pada
Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas
Singaperbangsa Karawang

Oleh :
Entis
Sutisna (1510631020073)
Ervan
Himawan Fauzi (1510631020076)
Gina
Ragadini (1510631020096)
Gustama
Fauzan Akbar (1510631020097)
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
2017
ABSTRAK
Entis Sutisna, Ervan Himawan Fauzi, Gina Ragadini, Gustama Fauzan Akbar.
(2017). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PT
Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Universitas Singaperbangsa
Karawang.
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PT Telekomunikasi
Indonesia (Persero) Tbk Oleh : Entis Sutisna (1510631020073) , Ervan Himawan
Fauzi (1510631020076) , Gina Ragadini (1510631020096), Gustama Fauzan Akbar
(1510631020097). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang
digunakan oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk dan mengetahui
faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran yaitu faktor internal dan
faktor eksternal perusahaan dengan menggunakan analisis matiks SWOT, Matriks
Evaluasi Faktor Internal (Internal Factor
Evaluation – IFE MAtix), dan Matriks Evaluasi Factor Eksternal (Eksternal factor Evaluation EFE Matrix).Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif yaitu penelitian yang memberikan gambaran atau uraian
suatu keadaan sejelas mungkin.
Hasil penelitian menunjukan bahwa saat ini PT
Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk sudah memanfaatkan kekuatan dengan
mnaksimal dan meminimalisir kelemahan yang ada dengan total skor factor
internal sebesar 3,40. Sedangkan untuk factor eksternal yakni peluang dan
ancaman memiliki skor total sebesar
3,55. Hasil dari total score kedua factor tersebut menghasilkan titik
temu yaitu (0,35:0,675) dan berada di kuadran 1 yang artinya menggambarkan
bahwa situasi yang sangat baik karena ada kekuatan yang dimanfaatkan untuk
meraih peluang yang menguntungkan.
Berdasarkan penelitian
diatas PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk harus melakukan penetrasi
pasar, yakni distribusi produk sebanyak-banyaknya keseluruh daerah sasaran
serta melakukan pengembangan produk sesuai dengan tuntutan zaman yang ada.
Kata Kunci : Kekuatan (strength). Weakness (Kelemahan), Opportunity
(Peluang). Threats (Ancaman) dan strategi pemasaran PT Telekomunikasi Indonesia
(Persero) Tbk.
ABSTRACT
Entis Sutisna,
Ervan Himawan Fauzi, Gina Ragadini, Gustama Fauzan Akbar. (2017). ANALYSIS OF
MARKETING STRATEGY OF PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk University Of Singaperbangsa
Karawang.
ANALYSIS OF MARKETING STRATEGY OF PT Telekomunikasi
Indonesia (Persero) Tbk By: Entis Sutisna (1510631020073), Ervan Himawan Fauzi
(1510631020076), Gina Ragadini (1510631020096), Gustama Fauzan Akbar
(1510631020097). This study aims to determine what strategy used by PT Telekomunikasi
Indonesia (Persero) Tbk and determine the factors that influence the marketing
strategies that internal factors and external factors by using analysis of
matiks SWOT Matrix Evaluation Internal Factors (Internal Factor Evaluation -
IFE matix), and Matrix Evaluation Factor External (External factors Evaluation
EFE Matrix). this research is a descriptive study provides a description or a
description of a situation as clearly as possible.
The results showed that the current PT Telekomunikasi
Indonesia (Persero) Tbk has been harnessing the power of the maximal and
minimize the weaknesses that exist with the total score of the internal factor
of 3.40. As for external factors namely opportunities and threats had a total
score of 3.55. The results of the total score of both of these factors resulted
in a meeting point that is (0.35: 0.675) and is in quadrant 1, which means
illustrates that a very good situation because no force is utilized to achieve
profitable opportunities.
Based on the above research PT Telekomunikasi
Indonesia (Persero) Tbk should penetrate the market, namely the distribution of
products throughout the region as many goals as well as to develop products
according to the demands of the times there.
Keyword : strength. Weakness, Opportunity, Threats Marketing Strategy Of PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.
KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum Warrahmatullahi
Wabarokatuh
Puji syukur kami panjatkan ke
hadirat Allah Subhanahu Wata’ala, karena berkat Rahmat, Hidayah dan Karunia-Nya
penelitian karya tulis ini dapat penulis selesaikan tepat waktu, dengan judul :
“Analisis Strategi Pemasaran Pada PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk”,
yang merupakan tugas mata kuliah Marketing Strategic pada Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang.
Penulis menyadari bahwa dalam
penulisan karya tulis ini masih memiliki banyak kekurangan. Namun, penulis
telah berusaha sebaik mungkin agar penyusunannya sesuai dengan yang diharapkan.
Sudah tentu segala usaha tidak
akan berjalan lancar apabila tidak disertai bantuan dari berbagai pihak. Maka
pada kesempatan ini kami sebagai penulis menyampaikan rasa terimakasih kepada
Bapak Abdul Yusuf, SE.,MM selaku dosen mata kuliah Marketing Strategic yang
telah memberikan bimbingan dan tugas ini kepada kami, Selanjutnya kami ucapkan
pula terima kasih kepada :
1.
Kepada kedua orang tua kami,serta seluruh
keluarga atas doa dan dukungan serta motivasi baik secara moril maupun materil.
2.
Kepada manajemen PT. TELKOM INDONESIA cabang
Karawang di Jl. Tuparev No. 22, nagasari, karawang barat, Kabupaten Karawang,
Jawa barat 41312.
3.
Seluruh teman angkatan 2015, khusunya kelas
4MA3.
4.
Pihak perpustakaan dan teman – teman yang
telah banyak membantu kami mendapatkan referensi penyusunan karya tulis ini.
5.
Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu
persatu, terima kasih atas doa, dukungan serta pastisipasinya.
Penulis
menyadari bahwa hasil penelitian ini masih banyak terdapat kekurangan yang
merupakan kelemahan peneliti dalam melaksanakan tugas ini, untuk itu peneliti
ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Demi kesempurnaan karya tulis ini,
peneliti berharap dengan segala hormat. Pendapat, kritik serta saran dari dosen
serta rekan – rekan semua. Akhirnya, walaupun karya tulis ini sangat sederhana,
penulis senantiasa mempunyai harapan yang besar agar karya tulis ini dapat
bermanfaat bagi penulis sendiri dan bagi seluruh pembaca.
Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh
Karawang, 07 Maret 2017
Penulis,
DAFTAR ISI
Hal
Halaman Judul
Judul ........................................................................................................................... i
Abstrak ....................................................................................................................... ii
Abstract ...................................................................................................................... iii
Kata Pengantar ............................................................................................................ iv
Daftar Isi ..................................................................................................................... vi
Daftar Tabel ................................................................................................................ x
Daftar Gambar ............................................................................................................ xi
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang ............................................................................................ 1
1.2 Identifikasi
Masalah .................................................................................... 6
1.3 Pembatasan
Masalah .................................................................................. 7
1.4 Perumusan
Masalah ................................................................................... 7
1.5 Tujuan
Penulisan ........................................................................................ 8
1.6 Kegunaan
Penelitian ................................................................................... 8
1.7 Waktu dan
Tempat Penelitian ..................................................................... 10
BAB
II LANDASAN TEORI DAN KERANGKA PIKIR
2.1 Landasan
Teori ............................................................................................ 12
2.1.1 Pengertian
Manajemen ..................................................................... 12
2.1.2 Ruang
Lingkup Manajemen ............................................................... 13
2.1.3 Fungsi
Manajemen ............................................................................ 14
2.1.4 Bidang-Bidang
Manajemen ................................................................ 15
2.1.5 Pengertian
Pemasaran ...................................................................... 18
2.1.6 Pengertian
Manajemen Pemasaran ................................................... 19
2.1.7 Strategi
Pemasaran ........................................................................... 20
2.1.7.1 Segmentasi
Pasar .................................................................. 21
2.1.7.2 Targeting ............................................................................... 22
2.1.7.3 Positioning
............................................................................ 23
2.1.8 Konsep
Pemasaran ............................................................................ 25
2.1.8.1
Konsep Produksi ................................................................. 25
2.1.8.2
Konsep Produk ................................................................... 25
2.1.8.3
Konsep Penjualan ............................................................... 25
2.1.8.4
Konsep Pemasaran ............................................................. 26
2.1.8.5
Konsep Pemasaran Sosial .................................................... 26
2.1.8.6
Konsep Pemasaran Global ................................................... 26
2.2 Manajemen
Strategik ................................................................................. 26
2.2.1 Proses
Manajemen Strategik ............................................................. 28
2.3 Hasil
Penelitian Terdahulu ........................................................................... 30
2.4 Kerangka
Pikir ............................................................................................. 31
BAB
III METODOLOGI PENELITIAN
3.1 Metode
Penelitian ...................................................................................... 33
3.1.1 Desain penelitian .............................................................................. 33
3.2 Matriks
SWOT ............................................................................................. 35
3.2.1 Pengertian
Matriks SWOT .................................................................. 35
3.2.2 Fungsi
SWOT ..................................................................................... 38
3.3 Variabel
Penelitian ...................................................................................... 39
3.3.1 Pengertian
Variabel ........................................................................... 39
3.3.2 Definisis
Operasional ......................................................................... 41
3.3.3 Definisi
Konseptual ............................................................................ 41
3.3.4 Instrumen
Penelitian ......................................................................... 42
3.4 Teknik
Pengumpulan Data ........................................................................... 42
3.5 Metode
Pengumpulan Data ........................................................................ 43
3.5.1 Populasi,
Sampel dan Teknik Sampling ............................................... 43
3.5.1.1
Populasi ................................................................................ 43
3.5.1.2
Sampel .................................................................................. 44
3.5.1.3
Teknik Sampling ..................................................................... 45
3.6 Jenis Data
................................................................................................... 49
3.7 Sumber
Data ............................................................................................... 49
3.7.1 Data
Primer ....................................................................................... 49
3.7.2 Data
Sekunder .................................................................................. 50
3.8 Pengujian
Keabsahan Data .......................................................................... 50
3.8.1 Uji
Instrumen .................................................................................... 50
3.8.1.1
Uji Validitas ........................................................................... 50
3.8.1.2
Uji Reabilitas .......................................................................... 51
3.8.1.3
Uji Normalitas ........................................................................ 51
3.9 Teknik
Analisa Data ..................................................................................... 52
3.9.1 Teknik
Analisis Data Kuantitatif .......................................................... 52
3.9.1.1
Statistika Deskriptif ................................................................ 53
3.9.1.2
Statistika Inferensial .............................................................. 53
3.9.2
Teknik Analisa Data Kualitatif ............................................................. 53
BAB
IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1 Hasil dan
Pembahasan ................................................................................
4.1.1 Profil PT
Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk...............................
4.1.2 Analisis
Visi dan Misi PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.........
4.1.3 Struktur
Organisasi PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk...........
4.2 Hasil
Penelitian ...........................................................................................
4.2.1 Analisa
Strategi Pemasaran PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
4.2.2 Analisa
Strategi Bauran Pemasaran PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
4.2.3 Analisa
Customer Relationship Management PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
4.2.4 Analisa
Segmenting, Targeting dan Positioning PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
4.2.4.1
Segmenting ...........................................................................
4.2.4.2
Targeting ...............................................................................
4.2.4.3
Positioning ............................................................................
4.2.5 Analisa
SWOT Matriks ........................................................................
4.2.5.1
Analisa Faktor Eksternal PT Telekomunikasi
Indonesia (Persero) Tbk
4.2.5.2
PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk............................
4.3 Hasil
Pembahasan .......................................................................................
4.3.1 Pembahasan
Strategi Pemasaran yang Diterapkan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
4.3.2 Pembahasan
Strategi Bauran Pemasaran yang Diterapkan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero)
Tbk
4.3.3
Pembahasan Hasil Analisis .................................................................
DAFTAR
TABEL
Tabel 1.1
Macam –macam Produk PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk .............. 4
Tabel 1.2 Laporan Pendapatan PT Telekomunikasi
Indonesia (Persero) Tbk.................... 5
Tabel 1.3 Jumlah
Pelanggan Kabel dan Nirkabel PT Telekomunikasi Indonesia (Persero)
Tbk.............................................................................................................................. 6
Tabel 1.7
Waktu Penelitian........................................................................................... 11
Tabel 2.3 Hasil Penelitian Terdahulu ............................................................................. 32
Tabel 3.2.1
Penggabungan Matriks SWOT ..................................................................... 40
Tabel 3.3.1
Tabel skala .................................................................................................
44
Tabel 4.1 Analisa
Visi PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk..................................
Tabel 4.2
Analisa Misi PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.................................
DAFTAR
GAMBAR
Gambar
2.2.1 Proses Manajemen Strategik .................................................................. 30
Gambar 2.4
Kerangka Pemikiran .................................................................................. 35
Gambar
3.8.1.2 Rumus Spearman Brown...................................................................... 55
DAFTAR PUSTAKA
Kotler & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga belas.
Jakarta : Penerbit Erlangga
Hasibuan, Malayu. 2011. Manajemen Dasar dan Konsep, Jakarta :
Bumi Aksara
Kotler & Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1.
Jakarta : Penerbit Erlangga
Skripsi. Siti Humairoh. 2015. Evaluasi Strategi Pemasaran Pada Mini Market
MOR Karawang
Skripsi. Lutfi hakim. 2015. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku
PAda PT. Nestle Indonesia Karawang Factory
Skripsi. Dwi Desti Liliami. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mememngaruhi
Peningkatan Penjualan PT. Multistrada Arah Sarana Tbk Di Cikarang
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta. Sugiyono.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Yogyakarta, Andi
Offset
Agustinus S. Wahyudi. (1996),
Manajemen Strategik; Pengantar Proses berpikirstrategik,Jakarta : Binarupa
Aksara.
Skripsi. Wahyuni, Tri. 2015. Analisis Factor-faktor yang Mempengaruhi
Keputusan Pembelian Makanan dan Minuman di Food Court Karawang Central Plaza. Program
Sarjana. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Singaperbangsa Karawang.
J. David Hunger & Thomas L.
Wheelen, Strategic Management and Business Policy, 9th Edition, Pearson
Prentice Hall, 2004.
David, Fred R. 2005. Manajemen Strategis: Konsep. Jakarta :
Salemba Empat
Rangkuti,
Freddy. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia
Pustaka Utama, Jakarta
Komentar
Posting Komentar