Cover, Abstrak, Kata Pengantar dan Daftar isi Analisis Strategi Pemasaran

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PT TELKOMUNIKASI INDONESIA (PERSERO) TBK

SKRIPSI

Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Tugas Mata Kuliah Marketing Strategic
Pada Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Singaperbangsa Karawang

Description: G:\ \9b9KxoPq_400x400.jpeg

Oleh :
Entis Sutisna                               (1510631020073)
Ervan Himawan Fauzi                (1510631020076)
Gina Ragadini                             (1510631020096)
Gustama Fauzan Akbar              (1510631020097)

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
2017




ABSTRAK

Entis Sutisna, Ervan Himawan Fauzi, Gina Ragadini, Gustama Fauzan Akbar. (2017). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Universitas Singaperbangsa Karawang.
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk Oleh : Entis Sutisna (1510631020073) , Ervan Himawan Fauzi (1510631020076) , Gina Ragadini (1510631020096), Gustama Fauzan Akbar (1510631020097). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang digunakan oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran yaitu faktor internal dan faktor eksternal perusahaan dengan menggunakan analisis matiks SWOT, Matriks Evaluasi Faktor Internal (Internal Factor Evaluation – IFE MAtix), dan Matriks Evaluasi Factor Eksternal (Eksternal factor Evaluation EFE Matrix).Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu penelitian yang memberikan gambaran atau uraian suatu keadaan sejelas mungkin.
Hasil penelitian menunjukan bahwa saat ini PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk sudah memanfaatkan kekuatan dengan mnaksimal dan meminimalisir kelemahan yang ada dengan total skor factor internal sebesar 3,40. Sedangkan untuk factor eksternal yakni peluang dan ancaman memiliki skor total sebesar  3,55. Hasil dari total score kedua factor tersebut menghasilkan titik temu yaitu (0,35:0,675) dan berada di kuadran 1 yang artinya menggambarkan bahwa situasi yang sangat baik karena ada kekuatan yang dimanfaatkan untuk meraih peluang yang menguntungkan.
                Berdasarkan penelitian diatas PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk harus melakukan penetrasi pasar, yakni distribusi produk sebanyak-banyaknya keseluruh daerah sasaran serta melakukan pengembangan produk sesuai dengan tuntutan zaman yang ada.



Kata Kunci : Kekuatan (strength). Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang). Threats (Ancaman) dan strategi pemasaran PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.




ABSTRACT
Entis Sutisna, Ervan Himawan Fauzi, Gina Ragadini, Gustama Fauzan Akbar. (2017). ANALYSIS OF MARKETING STRATEGY OF PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk University Of Singaperbangsa Karawang.
ANALYSIS OF MARKETING STRATEGY OF PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk By: Entis Sutisna (1510631020073), Ervan Himawan Fauzi (1510631020076), Gina Ragadini (1510631020096), Gustama Fauzan Akbar (1510631020097). This study aims to determine what strategy used by PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk and determine the factors that influence the marketing strategies that internal factors and external factors by using analysis of matiks SWOT Matrix Evaluation Internal Factors (Internal Factor Evaluation - IFE matix), and Matrix Evaluation Factor External (External factors Evaluation EFE Matrix). this research is a descriptive study provides a description or a description of a situation as clearly as possible.
The results showed that the current PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk has been harnessing the power of the maximal and minimize the weaknesses that exist with the total score of the internal factor of 3.40. As for external factors namely opportunities and threats had a total score of 3.55. The results of the total score of both of these factors resulted in a meeting point that is (0.35: 0.675) and is in quadrant 1, which means illustrates that a very good situation because no force is utilized to achieve profitable opportunities.
Based on the above research PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk should penetrate the market, namely the distribution of products throughout the region as many goals as well as to develop products according to the demands of the times there.

Keyword : strength. Weakness, Opportunity, Threats Marketing Strategy Of PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.






KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh
                Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu Wata’ala, karena berkat Rahmat, Hidayah dan Karunia-Nya penelitian karya tulis ini dapat penulis selesaikan tepat waktu, dengan judul : “Analisis Strategi Pemasaran Pada PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk”, yang merupakan tugas mata kuliah Marketing Strategic pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang.
                Penulis menyadari bahwa dalam penulisan karya tulis ini masih memiliki banyak kekurangan. Namun, penulis telah berusaha sebaik mungkin agar penyusunannya sesuai dengan yang diharapkan.
                Sudah tentu segala usaha tidak akan berjalan lancar apabila tidak disertai bantuan dari berbagai pihak. Maka pada kesempatan ini kami sebagai penulis menyampaikan rasa terimakasih kepada Bapak Abdul Yusuf, SE.,MM selaku dosen mata kuliah Marketing Strategic yang telah memberikan bimbingan dan tugas ini kepada kami, Selanjutnya kami ucapkan pula terima kasih kepada :
1.       Kepada kedua orang tua kami,serta seluruh keluarga atas doa dan dukungan serta motivasi baik secara moril maupun materil.
2.       Kepada manajemen PT. TELKOM INDONESIA cabang Karawang di Jl. Tuparev No. 22, nagasari, karawang barat, Kabupaten Karawang, Jawa barat 41312.
3.       Seluruh teman angkatan 2015, khusunya kelas 4MA3.
4.       Pihak perpustakaan dan teman – teman yang telah banyak membantu kami mendapatkan referensi penyusunan karya tulis ini.
5.       Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, terima kasih atas doa, dukungan serta pastisipasinya.
Penulis menyadari bahwa hasil penelitian ini masih banyak terdapat kekurangan yang merupakan kelemahan peneliti dalam melaksanakan tugas ini, untuk itu peneliti ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Demi kesempurnaan karya tulis ini, peneliti berharap dengan segala hormat. Pendapat, kritik serta saran dari dosen serta rekan – rekan semua. Akhirnya, walaupun karya tulis ini sangat sederhana, penulis senantiasa mempunyai harapan yang besar agar karya tulis ini dapat bermanfaat bagi penulis sendiri dan bagi seluruh pembaca.
Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh

               
Karawang, 07 Maret 2017

Penulis,















DAFTAR ISI
                                                                                                                                                                                Hal
Halaman Judul
Judul ........................................................................................................................... i
Abstrak ....................................................................................................................... ii
Abstract ...................................................................................................................... iii
Kata Pengantar ............................................................................................................ iv
Daftar Isi ..................................................................................................................... vi
Daftar Tabel ................................................................................................................ x
Daftar Gambar ............................................................................................................ xi
BAB I PENDAHULUAN
1.1     Latar Belakang  ............................................................................................ 1
1.2     Identifikasi Masalah .................................................................................... 6
1.3     Pembatasan Masalah .................................................................................. 7
1.4     Perumusan Masalah ................................................................................... 7
1.5     Tujuan Penulisan ........................................................................................ 8
1.6     Kegunaan Penelitian ................................................................................... 8
1.7     Waktu dan Tempat Penelitian ..................................................................... 10
BAB II LANDASAN TEORI DAN KERANGKA PIKIR
2.1     Landasan Teori ............................................................................................ 12
2.1.1     Pengertian Manajemen ..................................................................... 12
2.1.2     Ruang Lingkup Manajemen ............................................................... 13
2.1.3     Fungsi Manajemen ............................................................................ 14
2.1.4     Bidang-Bidang Manajemen ................................................................ 15
2.1.5     Pengertian Pemasaran ...................................................................... 18
2.1.6     Pengertian Manajemen Pemasaran ................................................... 19
2.1.7     Strategi Pemasaran ........................................................................... 20
2.1.7.1    Segmentasi Pasar .................................................................. 21
2.1.7.2    Targeting ............................................................................... 22
2.1.7.3    Positioning ............................................................................ 23
2.1.8     Konsep Pemasaran ............................................................................ 25
2.1.8.1         Konsep Produksi ................................................................. 25
2.1.8.2         Konsep Produk ................................................................... 25
2.1.8.3         Konsep Penjualan ............................................................... 25
2.1.8.4         Konsep Pemasaran ............................................................. 26
2.1.8.5         Konsep Pemasaran Sosial .................................................... 26
2.1.8.6         Konsep Pemasaran Global ................................................... 26
2.2       Manajemen Strategik ................................................................................. 26
2.2.1 Proses Manajemen Strategik ............................................................. 28
2.3      Hasil Penelitian Terdahulu ........................................................................... 30
2.4      Kerangka Pikir ............................................................................................. 31
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
3.1     Metode Penelitian ...................................................................................... 33
3.1.1     Desain penelitian  .............................................................................. 33
3.2     Matriks SWOT ............................................................................................. 35
3.2.1     Pengertian Matriks SWOT .................................................................. 35
3.2.2     Fungsi SWOT ..................................................................................... 38
3.3     Variabel Penelitian ...................................................................................... 39
3.3.1     Pengertian Variabel ........................................................................... 39
3.3.2     Definisis Operasional ......................................................................... 41
3.3.3     Definisi Konseptual ............................................................................ 41
3.3.4     Instrumen Penelitian ......................................................................... 42
3.4     Teknik Pengumpulan Data ........................................................................... 42
3.5     Metode Pengumpulan Data ........................................................................ 43
3.5.1     Populasi, Sampel dan Teknik Sampling ............................................... 43
3.5.1.1        Populasi ................................................................................ 43
3.5.1.2        Sampel .................................................................................. 44
3.5.1.3        Teknik Sampling ..................................................................... 45
3.6     Jenis Data ................................................................................................... 49
3.7     Sumber Data ............................................................................................... 49
3.7.1     Data Primer ....................................................................................... 49
3.7.2     Data Sekunder .................................................................................. 50
3.8     Pengujian Keabsahan Data .......................................................................... 50
3.8.1     Uji Instrumen .................................................................................... 50
3.8.1.1        Uji Validitas ........................................................................... 50
3.8.1.2        Uji Reabilitas .......................................................................... 51
3.8.1.3        Uji Normalitas ........................................................................ 51
3.9     Teknik Analisa Data ..................................................................................... 52
3.9.1     Teknik Analisis Data Kuantitatif .......................................................... 52
3.9.1.1        Statistika Deskriptif ................................................................ 53
3.9.1.2        Statistika Inferensial .............................................................. 53
3.9.2     Teknik Analisa Data Kualitatif ............................................................. 53
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1     Hasil dan Pembahasan ................................................................................
4.1.1     Profil PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk...............................
4.1.2     Analisis Visi dan Misi PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.........
4.1.3     Struktur Organisasi PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk...........
4.2     Hasil Penelitian ...........................................................................................
4.2.1     Analisa Strategi Pemasaran PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk             
4.2.2     Analisa Strategi Bauran Pemasaran PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk              
4.2.3     Analisa Customer Relationship Management PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk          
4.2.4     Analisa Segmenting, Targeting dan Positioning PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk       
4.2.4.1        Segmenting ...........................................................................
4.2.4.2        Targeting ...............................................................................
4.2.4.3         Positioning ............................................................................
4.2.5     Analisa SWOT Matriks ........................................................................
4.2.5.1        Analisa Faktor Eksternal PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk    
4.2.5.2        PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk............................
4.3     Hasil Pembahasan .......................................................................................
4.3.1     Pembahasan Strategi Pemasaran yang Diterapkan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk               
4.3.2     Pembahasan Strategi Bauran Pemasaran yang Diterapkan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
4.3.3     Pembahasan Hasil Analisis .................................................................
















DAFTAR TABEL
Tabel 1.1 Macam –macam Produk PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk .............. 4
Tabel 1.2 Laporan Pendapatan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.................... 5
Tabel 1.3 Jumlah Pelanggan Kabel dan Nirkabel PT Telekomunikasi Indonesia (Persero)
Tbk.............................................................................................................................. 6
Tabel 1.7 Waktu Penelitian........................................................................................... 11
 Tabel 2.3 Hasil Penelitian Terdahulu ............................................................................. 32
Tabel 3.2.1 Penggabungan Matriks SWOT ..................................................................... 40
Tabel 3.3.1 Tabel skala ................................................................................................. 44
Tabel 4.1 Analisa Visi PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk..................................
Tabel 4.2 Analisa Misi PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.................................









DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.2.1 Proses Manajemen Strategik .................................................................. 30
Gambar 2.4 Kerangka Pemikiran .................................................................................. 35
Gambar 3.8.1.2 Rumus Spearman Brown...................................................................... 55


DAFTAR PUSTAKA
Kotler & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga belas. Jakarta : Penerbit Erlangga
Hasibuan, Malayu. 2011. Manajemen Dasar dan Konsep, Jakarta : Bumi Aksara
Kotler & Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta : Penerbit Erlangga
Skripsi. Siti Humairoh. 2015. Evaluasi Strategi Pemasaran Pada Mini Market MOR Karawang
Skripsi. Lutfi hakim. 2015. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku PAda PT. Nestle Indonesia Karawang Factory
Skripsi. Dwi Desti Liliami. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mememngaruhi Peningkatan Penjualan PT. Multistrada Arah Sarana Tbk Di Cikarang
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta. Sugiyono. 
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Yogyakarta, Andi Offset
Agustinus S. Wahyudi. (1996), Manajemen Strategik; Pengantar Proses berpikirstrategik,Jakarta : Binarupa Aksara.
Skripsi. Wahyuni, Tri. 2015. Analisis Factor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Makanan dan Minuman di Food Court Karawang Central Plaza. Program Sarjana. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang.
J. David Hunger & Thomas L. Wheelen, Strategic Management and Business Policy, 9th Edition, Pearson Prentice Hall, 2004.
David, Fred R. 2005. Manajemen Strategis: Konsep. Jakarta : Salemba Empat
Rangkuti, Freddy. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta




Komentar